Menggunakan hidup dengan baik

Posted On //
"Baliklah dan katakanlah kepada Hizkia, raja umat-Ku: Beginilah firman TUHAN, Allah Daud, bapa leluhurmu: Telah Kudengar doamu dan telah Kulihat air matamu; sesungguhnya Aku akan menyembuhkan engkau; pada hari yang ketiga engkau akan pergi ke rumah TUHAN. Aku akan memperpanjang hidupmu lima belas tahun lagi..." 2 Raja 20:5-6a
" Manasye berumur dua belas tahun pada waktu ia menjadi raja dan lima puluh lima tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Hefzibah. Ia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN, sesuai dengan perbuatan keji bangsa-bangsa yang telah dihalau TUHAN dari depan orang Israel. Ia mendirikan kembali bukit-bukit pengorbanan yang telah dimusnahkan oleh Hizkia, ayahnya;" 2 Raja 21:1-3a

Renungan:

Hizkia adalah seorang raja yang baik. Dia mencintai TUHAN dan melaksanakan Firman-Nya. TUHAN membuat dia berhasil dalam apa pun yang dia perbuat. Bahkan ketika Hizkia sakit dan akan meninggal, TUHAN mendengarkan doa permohonannya dan memberikan PERPANJANGAN masa hidup 15 tahun lagi. Pada masa perpanjangan itulah lahir Manasye yang menjadi RAJA menggantikan Hizkia nantinya.
Namun ada kontras yang serius antara Hizkia dan Manasye. Manasye adalah raja yang memerintah paling lama di Yerusalem, dan dia adalah juga raja yg PALING JAHAT.
Hizkia punya waktu 12 tahun untuk mendidik Manasye, namun sayangnya hal itu tampaknya tidak dilakukannya meskipun dia tahu persis berapa lama waktu tersisa yang dia miliki.
Bagaimana dengan kita? Apakah kita sadar bahwa waktu hidup yang sekarang kita jalani akan segera berakhir? Lalu bagaimana kita menggunakan waktu hidup kita ini?
Sudahkah kita mendidik anak kita dengan baik?

Sumber : Koentjoro Angkawidjaja, M.A.T