Pentakosta

Posted On //
PENTEKOSTES (Πεντηκοστῆς) KISAH 2:1

Pentekoste adalah bahasa Gerika yang dalam bahasa Ibraninya Shavuot. Secara etimology tidak ada yang istimewa dengan kata "Pentekoste" sebab artinya hanya lima puluh. Tetapi secara teologis sangat berarti, baik untuk orang Yahudi maupun untuk orang Kristen. Bagi orang Yahudi, Pentekoste (Shavuot) adalah salah satu dari tiga hari raya penting (Pesach, Shavuot, Succot), dimana mereka harus berkumpul di Yerusalem, (Kis. 2:5), sedangkan bagi orang Kristen, Pentekoste adalah penggenapan tentang janji Allah yaitu Roh Kudus.

Hari Pentekoste disebut sebagai:
1. Khag Shavuot – Hari raya 7 minggu (Kel 34:22; Ulg 16:10)
2. Khag Hamatzir – Hari raya penuaian (Kel 23:16)
3. Yom Habikkurim – Hari buah sulung (Bil 28:26)
4. Bikkurei Ketzir Khittim – Hari panen pertama penuaian gandum (Kel 34:22)
5. Yom HaKahal - Hari Perkumpulan (Ulg 18:16)
6. Hari Pencurahan Roh Kudus (Kis. 2:1-2)

Pentekoste atau Hari ke-50.
1. Bangsa Israel keluar dari Mesir saat paskah dan tiba di gunung Sinai saat Pentekoste (sebab lamanya perjalanan 50 hari). Di gunung Sinai Musa menerima Hukum Taurat. Sehingga hari Pentekoste disebut Z'man mattan Torateinu (hari dimana Torat diberikan)
2. Kitab Rut adalah kitab yang selalu dibaca pada hari raya Pentekoste.
3. Rut tiba di Betlehem pada permulaan musim jelai yaitu paskah dan Rut memungut jelai sampai panen gandum (Pentekoste) Rut 2:21. Setelah panen gandum, hidup Rut berubah, karena Rut akan menjadi mempelai (Rut. 3:17-18).
4. Menurut Tradisi Yahudi cucu dari Rut yaitu raja Daud lahir pada hari Pentekoste dan mati juga pada hari Pentekoste. Rut 4:13-17
5. Hari Pentekoste tidak dirayakan di padang gurun, sebab di padang gurun bangsa Israel belum bercocok tanam, sehingga tidak ada panen. Pentekoste baru dirayakan setelah Israel masuk ke negeri Kanaan.
6. Dari hari kebangkitan Yesus sampai dengan pencurahan Roh Kudus ada waktu 50 hari. Inilah penggenapan Pentekoste yaitu pencurahan Roh Kudus.
7. Roh Kudus tidak akan dicurahkan sebelum Yesus lahir, mati, bangkit dan naik ke Sorga.

Shavuot di gunung Sinai adalah kelahiran bangsa Yahudi, sedangkan Pentekoste di Yerusalem merupakan kelahiran gereja, yaitu ketika Roh Kudus dicurahkan
Di Sinai, bangsa Israel mendapat 10 hukum Tuhan, ditulis di atas dua loh batu oleh jari Allah (Kel 31:18); Di Yerusalem, Taurat Tuhan ditulis oleh Roh Kudus di hati umat Tuhan ( 2Kor 3:3; Ibr 8:18)
Dalam tradisi Yahudi, Shavuot berkaitan pernikahan, karena pada hari Shavuot ada perjanjian antara Allah dan orang Yahudi di gunung Sinai. Gereja juga disebut mempelai perempuan (Why 21:2,9) dan ada pernikahan Anak Domba (Why 19:9)